Sorak-sorai ketika Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di-bully

Sorak-sorai ketika Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di-bully

Dalam video yang beredar, terdengar sorak-sorai ketika seorang mahasiswa yang disebut-sebut mengidap autisme jadi korban bullying. Ikut bersorak-sorak ketika terjadi bullying, bukan perilaku yang bijak.

Psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, M.Psi., menegaskan, ketika melihat seseorang dengan autisme dipundung, baiknya segera hentikan tindakan tersebut.

“Yang lebih penting situasinya itu distop,” pesannya saat berbincang dengan detikHealth, Minggu (16/7/2017).

Lulusan Universitas Indonesia itu menambahkan, sebagai pihak ketiga, tak perlu melakukan tindakan lain yang sifatnya menghakimi pelaku. “Kan yang biasanya melerai atau membela juga bisa kena. Biarkan sistem atau kampus yang turun tangan,” lanjutnya.

Alih-alih demikian, lebih baik ajak anak atau remaja yang berkebutuhan khusus tersebut untuk pergi dari tempat kejadian. “Pokoknya dialihkan. Jangan sampai si anak tadi melakukan tindakan yang di luar kendali,” kata Ratih lagi.

Ini karena bagaimanapun anak atau remaja dengan autisme juga memiliki mekanisme pertahanan tersendiri bila merasa dirinya terganggu. Namun mekanismenya bisa berbeda antara satu remaja autis dengan lainnya.

“Yang belum well behave, belum high functioning, bisa tidak terkontrol. Tetapi perlu jadi catatan bahwa ini kan anak kuliahan ya, berarti dia sebenarnya high functioning. Cuman karena lingkungan tetap menganggap aneh, kemudian muncul respons seperti itu,” jelasnya.

Ratih mengatakan, anak atau remaja dengan autisme dapat dilatih atau diajari untuk berfungsi dengan baik di tengah masyarakat, sehingga setidaknya bisa meminimalisir tindakan bullying pada mereka.

Hanya saja di mata masyarakat Indonesia, pandangan pertama yang muncul ketika melihat anak atau remaja dengan autisme terlanjur ‘aneh’. “Sudah well behave pun kadang masih dianggap kok gitu ya,” pungkasnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s