Beras Hitam Efektif untuk Diet? Begini Kata Ahli Gizi

Beras Hitam Efektif untuk Diet? Begini Kata Ahli Gizi

Jika Anda sudah mengganti beras putih ke beras merah tapi belum berhasil menurunkan berat badan, cobalah cari cara lain untuk lebih meningkatkan kualitas gizi Anda, yaitu mempertimbangkan berganti ke beras hitam.

Menurut Seala Septiani, SGz, MGizi, beberapa penelitian menemukan bahwa beras yang dijuluki ‘beras terlarang’ ini memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Dibanding kerabat beras lainnya, beras ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineralnya.

“Penelitian mengatakan antioksidan beras hitam dapat menekan radikal bebas dan cegah kanker, diabetes, dan banyak metabolik lainnya,” ujar Seala.

Seala menambahkan, untuk membantu menurunkan berat badan secara efektif sebaiknya mengganti jatah nasi putih 3 kali sehari dengan nasi hitam walau porsinya lebih sedikit dari sebelumnya. Di samping itu, karena kandungan karbohidratnya yang kompleks, nasi hitam memiliki proses cerna yang lebih lama sehingga membuat perut lebih cepat kenyang.

Walau demikian, Seala mengingatkan untuk berhati-hati mengonsumsi beras hitam, apabila berlebih tentu tak efektif untuk diet dan menurunkan berat badan.

“Akan tetapi seharusnya tidak berlebih karena seratnya yang tinggi akan cepat bantu kenyang,” kata Saela

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s