Drama Pernikahan ABG dengan Nenek 71 Tahun, Begini Komentar Psikolog’

Drama Pernikahan ABG dengan Nenek 71 Tahun, Begini Komentar Psikolog

Cinta memang tidak kenal usia. Seperti pernikahan antara ABG (Anak Baru Gede) di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Selamet Riyadi (16) dengan nenek Rohaya (71).

Cinta keduanya bersemi 6 bulan lalu sejak Selamet dirawat oleh Rohaya. Karena itu dengan mantap Selamet meminang Rohaya sebagai istri.

Sayangnya, menurut ketua RT setempat, Kuswoyo, cinta keduanya ditentang pihak keluarga perempuan. Kemudian dua hari setelahnya Selamet dan Rohaya datang kembali dan meminta solusi. Jika tak ada jalan keluar, mereka mengancam akan nekat mengakhiri hidup.

“Mereka sempat bilang mau bunuh diri. Karena sudah cinta sehidup-semati. Jadi kalau mati satu, harus mati dua-duanya,” ucapnya Kuswoyo seperti dikutip detikNews, Senin (3/7/2017).

Terlepas dari beda usia yang terpaut begitu jauh, ancaman untuk bunuh diri jika tidak diizinkan menukah menjadi catatan tersendiri bagi seorang psikolog perkawinan dari Tiga Generasi, Pustika Rucita MPsi. Menurutnya, membina rumah tangga tidak semestinya melibatkan ancaman, apalagi ancaman bunuh diri.

“Karena itu kan menunjukkan juga kematangan emosi seseorang sebenarnya,” kata Cita, sapaan akrabnya, kepada detikHealth.

“Seberapa matang emosi dia dalam menghadapi masalah, bisa berpikir tenang nggak, bisa ambil wise decision nggak, dan lain-lain,” tambahnya.

Menikah itu bukanlah perkara yang mudah. Bekal yang perlu dipersiapkan tentu selain cinta adalah kematangan usia.

“Bahwa menikah itu lebih banyak lagi ups and downs-nya, jadi sebaiknya tentu memasukinya dengan emosi yang matang,” tutup Cita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s