Aksi Kades Nono Tidur di Atas Uang Rp 1 M, Bagaimana Dia Kaya?

Aksi Kades Nono Tidur di Atas Uang Rp 1 M, Bagaimana Dia Kaya?

Kepala Desa (Kades) Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto Suhartono alias Syekh Nono dikenal juga sebagai pengusaha yang berjiwa sosial.

Bahkan, sejawatnya menyebut Nono yang membuat geger karena videonya yang tidur di atas uang di kamar yang penuh uang pecahan Rp 100 riu dan Rp 50 ribu berserakan juga seorang miliader.

“Dia pengusaha, miliader,” kata Kades Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Mohammad Afif kepada detikcom, Jumat (23/6/2017).

Di mata Afif, Nono merupakan pengusaha yang sukses. Penampilannya yang nyentrik menjadi ciri khasnya. Yakni memakai anting dan bertato.

“Meski gaya tampilannya kayak gitu, jiwa sosialnya tinggi. Program pembangunan di Desa Sampangagung, pesat,” ujarnya.

Menurut Afif, sebagai sosok pengusaha, Nono sangat mungkin mempunyai uang tunai hingga miliaran rupiah.

Kades Nono juga disebut-sebut memiliki usaha yang berhubungan dengan pabrik bir di Mojokerto yaitu PT MBI (Multi Bintang Indonesia). Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Mojokerto Alfiah Ernawati juga menyatakan jika selain menjabat Kades, Nono memang dkkenal sebagai pengusaha yang cukup sukses.

“Dulunya dia orang tak punya, sekarang dia jadi kades dan juga pengusaha yang bermitra dengan pabrik bir (PT MBI),” tandasnya.

Mujiyanto alias Toyik alias Toyek yang ditugasi merekam adegan Kades Nono tidur di atas uang yang jumlahnya berkisar Rp 1 Miliar mengungkapkan jika Kades Nono memiliki gudang yang berada di selatannya pabrik bir PT MBI (Multi Bintang Indonesia).

Namun, Toyek yang sehari-hari sebagai pedagang nasi goreng ini tidak tahu menahu lebih detil usaha Kades Nono itu. Yang pasti, kata Toyek, uang yang dipakai untuk syuting itu akan digunakan membayar Tunjangan Hari Raya (THR) karyawannya.

Sebenarnya usaha apa yang dimiliki Kades Nono sehingga membuatnya jadi kaya raya seperti pada video yang telah viral itu? Jawabannya masih misterius.

 

“Saya tak tahu pabrik (gudang milik Kades Nono) apa itu,” jawabnya kepada detikcom, Jumat (23/6/2016).

Kades Nono belum bisa dikonfirmasi terkait aksi yang menggegerkan itu. Saat detikcom mendatangi rumahnya yang terletak di Dusun Brubuh, Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, tidak membuahkan hasil.

“Orangnya (Kades Nono) keluar sejak pukul 08.30 Wib tadi. Bawa sepeda motor, belum pulang,” kata seorang pria ditemui sedang bekerja di rumah Kades Nono.

Nampak dari depan, rumah tersebut cukup megah dibandingkan rumah di sekitarnya. Pagar rumah setinggi sekitar tiga meter bergaya Majapahitan. Terdapat beberapa patung dewi berjajar di luar pagar.

Rumah yang dominan warna merah bata itu mempunyai dua lantai. Bagian teras terlihat megah dengan empat pilar besar sebagai penyangganya. Di teras tersebut nampak banyak koleksi barang antik milik Kades Nono. Pintu utama rumah ini dari kayu berukir yang cukup mewah.

Di sebelah teras utama, terdapat pintu masuk dengan pola serupa. Pada teras ini terdapat dua anak kecil yang asyik bermain internet. Rumah besar ini kemungkinan dilengkapi dengan wifi.

Menunggu beberapa menit, tak seorang pun anggota keluarga Kades Nono yang bersedia menemui wartawan. detikcom mencoba menghubungi telepon genggam milik Kades Nono, meski terdengar nada sambung, namun tidak diangkat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s