Wulan, Sopir TransMusi yang Curi Perhatian Penumpang

Wulan, Sopir TransMusi yang Curi Perhatian Penumpang

Jalan-jalan di kota Palembang, tidak ada salahnya menikmati perjalanan di kota pempek dengan angkutan umum TransMusi. Di sini, kita bisa menikmati perjalanan yang dikemudikan seorang pengemudi cantik dan manis tentu juga profesionalitas kerja yang baik.

Pengemudi angkutan umum ini terlihat berbeda dari yang lain, jika biasanya pekerjaan sebagai seorang pengemudi dilakoni oleh mayoritas kaum pria. Tetapi beda halnya yang terjadi pada salah seorang pengemudi TransMusi jurusan Terminal Alang-alang Lebar menuju jantung kota Bumi Sriwijaya.

Dia adalah Rosari Wulan Prasasti, kepada detikcom dirinya mengaku sudah menekuni pekerjaannya sejak dua tahun lalu saat pertama keberadaan angkutan umum ini di kota Palembang. Dalam menjalankan tugasnya, ia tak pernah mengeluh atas pekerjaan yang diterimanya. Meskipun awalnya sempat sedikit canggung karena menjadi perhatian oleh semua penumpang.

“Awalnya memang sempat canggung saja, karena jadi perhatian orang kan dan masih dalam tahap belajar juga. Tapi kalau ada niat belajar tak ada yang tak bisa. Meskipun awalnya mobil kecil, tapi lama-lama terbiasa dan akhirnya bisa bawa mobil berukuran besar ini,” ujar Wulan, saat diwawancara Minggu (11/6/2017)

Wulan menjadi perhatian karena profesinya kebanyakan dilakoni oleh laki-laki. Namun, dia tidak risih meski jadi pengemudi wanita.

Ditambahkan wanita cantik kelahiran lampung 22 tahun lalu ini, meskipun awalnya hanya seorang diri pengemudi wanita. Tapi ia mengikuti semua tahap seleksi dan uji kelayakan untuk menjadi seorang pengemudi sebelum akhirnya turun ke jalanan untuk menyusuri jalanan kota Palembang tanpa adanya rasa gengsi.

“Ya walaupun saya cewek, tapi saya ikut uji kelayakan juga mas pas baru masuk, Alhamdulillah lulus dan pada saat itu saya sendiri cewek. Gak ada rasa gengsi juga, yang penting nyaman bekerja dan halal aja,” ucap Wulan dengan nada lembutnya.

Meskipun sebagai seorang pengemudi wanita, Wulan tetap terlihat tegas saat ada pengemudi yang malang melintang tidak taat aturan di jalanan. Tak segan-segan, tangan kanannya langsung respek untuk menekan klakson dan mengingatkan pengemudi lain tentang pentingnya menjaga ketertiban selama mengemudi di jalan raya.

Menyusuri jalanan sejak pagi butapun sudah menjadi kebiasaan Wulan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Di mana orang kedua orang tuanya yang bekerja sebagai seorang mekanik menjadi alasan dirinya terbiasa dengan kendaraan.

Erik yang menjadi kondektur Wulan pun mengapresiasi semangat dan profesionalitas kerjanya. Selain orangnya asik diajak diskusi, Wulan juga dinilai sosok yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

“Kalau sopirnya mbak wulan itu asik, enak diajak ngobrol dan tidak mudah marah. Malah karena dia cewek sendiri jadi kerjanya itu saya lihat lebih profesional dibanding yang lain,” ujar Erik yang merupakan kondektur TransMusi ini.

Selain Profesional, menurutnya Wulan ini lebih rajin jika dibandingkan yang lainnya Ketika menjalankan tugasnya sebagai seorang pengemudi. Bahkan, setiap aturan yang berlaku selama mengemudikan bus angkutan umum kebanggaan masyarakat Palembang ini, selalu ditaati dengan baik oleh Wulan.

“Orangnya taat aturan kalau bawa mobil, lebih santai juga. Meski sekarang udah ada beberapa orang pengemudi cewek, tapi tetap mbak wulan ini yang pertama,” tutup Erik disela-sela melayani pembayaran tiket penumpang sore ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s