14 Taruna Senior Akpol Jadi Tersangka Penganiayaan Adam

14 Taruna Senior Akpol Jadi Tersangka Penganiayaan Adam

Kepolisian Daerah Jawa Tengah menetapkan 14 taruna tingkat tiga Akademi Kepolisian Semarang sebagai tersangka atas tewasnya Muhammad Adam dalam kasus dugaan penganiayaan.

Kepala Polda Jateng Inspektur Jenderal Condro Kirono menyatakan, taruna tingkat III berinsial CAS merupakan tersangka utama yang bertanggungjawab atas kematian Muhammad Adam.

“Hasil gelar, kita tetapkan tersangka sebanyak 14 orang. Inisial tersangka, pertama CAS. CAS adalah pelaku utama karena saat korban dipukul yang bersangkutan jatuh pingsan. Memang dilakukan pertolongan tapi saat dibawa ke rumah sakit, korban meninggal dunia,” kata Condro Kirono dalam jumpa pers di Polda Jawa Tengah, Semarang, Sabtu malam, 20 Mei 2017.

Selain CAS, taruna tingkat tiga Akpol yang ditetapkan tersangka berinisial RLW, GCM, EA, JED, MB, CAE, HA, AKU, GJM, RAP, MK, IZ, TDS. Menurut Condro Kirono, saat melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Adam, para tersangka tersebut memiliki peran berbeda-beda. “Ada yang melakukan pemukulan, ada yang memberikan arahan. Ada dua orang yang mengawasi di pintu masuk agar jangan sampai perbuatan diketahui pembina,” ujar Condro menegaskan.

Atas perbuatan tersebut, ke empat belas taruna tingkat tiga tersebut dijerat pasal 170 subsider 351 ayat 3, junto pasal 55 dan 56 KUHP. Condro menuturkan ancaman pidana terhadap mereka hukuman penjara selama 7 tahun dan 12 tahun.

Tim penyidik akan melakukan pemeriksaan perdana terhadap empat belas taruna Akpol tingkat III ini, esok hari. “Mereka akan menjalani pemeriksaan besok dan akan diumumkan status tersangka. Apakah akan dilakukan penahanan, tergantung keputusan penyidik besok,” ungkap Condro.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s