Jadi Ketua Sinkronisasi, Sudirman Said siap disanksi bila melanggar

Jadi Ketua Sinkronisasi, Sudirman Said siap disanksi bila melanggar

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said dipercaya sebagai Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi. Dalam memimpin tim yang beranggotakan 7 orang tersebut, Sudirman menandatangani surat perjanjian berupa pakta integritas.

“Dalam rangka melaksanakan fungsi dan tugas sebagai ketua tim atau anggota tim yang ditunjuk oleh gubernur terpilih DKI Jakarta 2017-2022,” kata Sudirman Said saat membacakan pakta integritas di rumah partisipasi Jalan Borobudur Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/5).

Ada tujuh poin yang menjadi janjinya selama mengemban jadi ketua tim sinkronisasi. Pertama, memahami dan akan menjalani lingkup fungsi dan tugas yang diberikan dengan itikad baik secara optimal untuk memberikan hasil terbaik yang layaknya seperti upaya untuk kepentingan diri saya sendiri.

Kedua, akan senantiasa menjaga nama baik gubernur dan wakil gubernur terpilih 2017-2022 sebagaimana nama pribadi dan keluarga. Tiga, akan menjalankan tugas secara berintegritas, jujur, objektif, dan transparan serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Empat, tidak akan melakukan tindakan dan atau komunikasi apapun dengan pihak manapun yang mengarah pada tindakan atau pembiaran terhadap adanya indikasi korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Lima, tidak akan meminta, memberi, atau menerima sesuatu baik secara langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi dan tugas yang dapat dikategorikan sebagai suap dan atau gratifikasi.

Enam, akan menghindari conflict of interest yang dalam pelaksanaan fungsi dan tugas termasuk terhadap pihak-pihak lain yang terkait dan dalam waktu 24 jam akan menyampaikan deklarasinya kepada pimpinan.

Tujuh, akan berperan pro aktif melaporkan kepada pimpinan dan pihak yang berwajib apabila mengetahui ada indikasi kkn serta bentuk-bentuk penyimpangan.

“Apabila saya melanggar hal tersebut di atas, maka saya bersedia diberi sanksi. Ini menurut saya lebih kepada statement moral,” kata Sudirman mengakhiri pembacaan pakta integritas.

Usai membacakan tersebut Sudirman pun mengungkapkan pakta integritas merupakan bentuk pernyataan moral.

“Ini menurut saya lebih kepada statement moral karena hukum tentu punya caranya sendiri,” ungkap Sudriman.

Tak hanya itu isi dari pakta integritas sejatinya hanya dua yang penting. Yakni berjanji tidak korupsi dan tak berbohong.

“Saya sering guyon mengatakan pakta integritas dua saja janji untuk tidak korupsidan ngapusi tidak berbohong,” tandasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s