Cegah Macet Mudik, Menhub Minta Jadwal Pembagian THR Tidak Seragam

Cegah Macet Mudik, Menhub Minta Jadwal Pembagian THR Tidak Seragam

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus memikirkan cara agar tidak terjadi penumpukan pemudik di hari-hari sebelum lebaran. Salah satu caranya adalah mengatur soal pembagian THR.

Menurut Budi, tradisi perusahaan yang memberikan THR atau tunjangan hari raya ke karyawan mereka pada H-2 atau H-3 lebaran turut menjadi salah satu faktor penumpukan pemudik. Oleh karenanya, Kemenhub akan berusaha agar tradisi pemberian THR tak lagi seperti itu.

“Tradisi orang itu pulang 2-3 hari lebaran karena mereka dapat THR sebelum itu. Kita lagi diskusi gimana cara company beri hadiah jauh dari itu sehingga tekanan tinggi penumpang tak terjadi 3 hari sebelum lebaran. Kita amati pola keseharian kita, yang mau berlibur lebaran itu seperti apa,” ungkap Budi di Ternate, Maluku Utara, Senin (8/5/2017).

Data tersebut berasal dari penelitian tim Litbang Kemenhub. Selain faktor jadwal pembagian THR, Kemenhub juga menyoroti penggunaan jenis moda transportasi dalam masalah penumpukan penumpang ini.

“Apa yang kita lakukan di beberapa tempat, kita tugaskan tim Litbang Kemenhub untuk mengamati. Gejala peningkatan seperti apa dan bagaimana kita mengatasi cara mudik,” jelas Budi.

“Apakah dengan waktu, moda angkutan.Kita diskusi, kita berusaha membuat lebih panjang, 10 hari untuk mudik,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s