6 Alasan Pentingnya Makan Malam Bersama Keluarga

6 Alasan Pentingnya Makan Malam Bersama Keluarga

Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan, makan bersama keluarga dapat mencegah anak dari gangguan makan dan depresi. Prestasi anak di sekolah juga tinggi, yang berpengaruh pada nilai dan harga diri anak.

Anak-anak yang makan malam bersama keluarga biasanya tumbuh menjadi orang dewasa muda yang punya kebiasaan lebih sehat dan berisiko lebih rendah mengalami obesitas.

Sesuai dikutip dari Parenting, Sabtu (6/5/2017), ada beberapa alasan pentingnya makan malam bersama keluarga.

1. Tidak harus makan malam tiap hari

Anda tidak harus makan malam tiap malam. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan bersama keluarga saat sarapan pagi, makan siang di akhir pekan. Pada intinya, buat komitmen makan keluarga saat tiap orang duduk bersama untuk berbagi makanan, bersenang-senang dan saling mengobrol.

2. Bermain dengan makanan

Memasak adalah kegiatan yang melibatkan indera dan tangan. Hal itu bisa dilakukan bersama. Anda bisa mengatur bahan-bahan salad dan minta semua anggota keluarga memilih sayuran untuk membuat wajah, pepohonan, dan mobil.

3. Momen yang mampu dilakukan

Meskipun jadwal kerja orangtua sibuk dan kegiatan ekstrakurikuler anak-anak juga padat. Anda bisa meluangkan waktu untuk makan malam di malam hari.

Seluruh proses memasak dan makan malam bersama bisa memakan waktu hanya satu jam. Pada momen ini, anak-anak merasa terhubung dengan orangtua.

4. Cobalah aktivitas baru dan berbagi talenta

Makan malam bisa menjadi momen baik untuk mencoba perilaku baru. Tiap anggota keluarga bisa mencoba cara baru untuk berinteraksi satu sama lain.

Misal, saling sepakat untuk tidak membuat komentar negatif di meja makan dan melihat apa yang terjadi. Anak mungkin diajak untuk membuat makan malam.
5. Berbagi riwayat keluarga

Meja makan adalah tempat terbaik untuk bercerita. Anak-anak yang tahu cerita keluarga menjadi lebih tangguh dan merasa lebih baik soal diri mereka sendiri. Cerita inspiratif soal riwayat keluarga dapat membantu anak memahami dunia.

Anak-anak akan terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Anda bisa menceritakan soal diri Anda dan anggota keluarga lain saat mereka seumuran dengan anak.

Ceritakan pekerjaan pertama, bagaimana nama anak dipilih, dan hewan peliharaan masa kecil.

6. Tetap terhubung

Percakapan di meja makan adalah salah satu pengalaman bahasa terkaya yang bisa diberikan kepada anak-anak.

Kapan lagi Anda duduk dan mengobrol bersama selama beberapa menit. Cobalah bertanya kepada anak, “Bagaimana harimu?”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s