DPR Gulirkan Hak Angket, KPK Khawatir Kasus e-KTP Tak Tuntas

DPR Gulirkan Hak Angket, KPK Khawatir Kasus e-KTP Tak Tuntas

Juru Bicara KPK memastikan bahwa lembaga antirasuah itu selamanya tidak bakal membuka Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan rekaman kontrol Miryam Haryani. Sebab, kalau dibuka, dikhawatirkan menciptakan konflik kepentingan antar-anggota DPR RI.

“Kami juga memadai banyak dapat masukan berasal dari publik soal dampak adanya konflik kepentingan sebab nama-nama yang disebut pada pas (pemeriksaan Miryam) itu adalah mereka yang juga kepentingan di Komisi III DPR,” tegas Febri di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 21 April 2017.

Selain itu, dampak lainnya kalau BAP dan rekaman kontrol Miryam dibuka, dapat menghindar penanganan masalah mega proyek itu.

Untuk itu, KPK justru menghendaki sehingga bagian DPR RI melihat seluruh fakta persidangan masalah e-KTP yang kini masih berjalan. “Tentu sebaiknya proses hukum itulah yang diikuti bukan ditarik pada proses politik atau proses yang lainnya,” pungkas Febri.

Sebelumnya, pas Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPR bersama KPK, bagian Komisi III DPR menghendaki sehingga lembaga KPK itu membuka BAP dan rekaman kontrol Miryam S Haryani.

“Apakah nama-nama yang disebut didalam pernyataan Miryam itu direkam atau tidak. Jika direkam kami bakal minta (diperdengarkan). Kalau tidak ada pernyataan berasal dari Miryam berarti ini kan mengada-ada,” kata Bambang di ruang rapat Komisi III, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa malam 18 April 2017.

Miryam S Haryani merupakan mantan bagian komisi II DPR RI yang kini jadi bagian Komisi V DPR. Miryam juga merupakan tersangka didalam masalah perlindungan keterangan tidak benar didalam persidangan masalah mega korupsi e-KTP.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s