Kontes Burung Piala Presiden di Perbutkan 20.000 Peserta

Kontes Burung Piala Presiden di Perbutkan 20.000 Peserta

brid

Lapangan Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, mendadak seperti rimba. Kicauan burung sahut-sahutan mengusir kebisingan kendaraan Ibu Kota.

Sebanyak 4.000 ekor burung beradu kicau dari 20.000 peserta dari berbagai daerah. Perlombaan ini terdiri dari sembilan kategori lomba dengan total hadiah miliaran rupiah.

“Paling rendah hadiahnya Rp 100 ribu, dan kategori Presiden juara pertamanya satu mobil,” ujar Ketua Penyelenggara Boy, kepada Liputan6.com di Parkir Timur GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Kontes kicau burung ini memperebutkan Piala Presiden yang sudah berlangsung delapan tahun. Lomba kicau burung yang dihelat sekali dalam dua tahun ini, memasuki episode ke empat.brid1

 

Dalam perlombaan kicau burung ini, Boy menjamin kualitas juri yang mereka bawa. Dalam penggantangan atau menggantungkan sangkar burung untuk lomba, mereka juga memiliki standar yang sama.

“Sangkarnya pun kita standarkan,” terang dia.

Tiap tahunnya, perlombaan ini jadi event incaran bagi para pecinta burung. Sebab, jika burung mereka menang lomba, otomatis harga burungnya bisa melonjak puluhan kali lipat.

“Misalnya Murai Batu, saya beli burung yang remaja, harganya Rp 3 juta, kalau menang lomba, bisa jadi seharga mobil Avanza,” ujar Rosyadi, peserta lomba asal Bekasi, Jawa Barat.
brid2

Untuk perawatan burung memang tak terlalu mahal, hanya butuh uang Rp 5.000 saja per harinya. Namun, perawatan dan perhatian para pecinta burung haruslah totalitas.

“Yang penting itu rutin dan perhatian harus rajin ngelatihnya sekali seminggu,” ujar Rosyadi.

Lomba kicau burung Piala Presiden ini memperlombakan 14 jenis burung. Dari Love Bird hingga Murai Batu, dan setiap kategori memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah.

Lomba yang hanya digelar satu hari penuh ini membuat kawasan Parkir Timur GBK dipadati kendaraan. Meski diguyur hujan, para peserta lomba dengan setia menunggu burung-burungnya berlomba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s